Burung-gereja Erasia ; Eurasian Tree Sparrow (Passer montanus)

Burung-gereja Erasia 
Eurasian Tree Sparrow
(Passer montanus)
   
Ciri-ciri:
Burung-gereja Erasia berukuran Kecil (14 cm), berwana coklat. Mahkota berwarna coklat berangan; dagu, tenggorokan, bercak pipi, dan setrip mata hitam; tubuh bagian bawah kuning-tua keabu-abuan; tubuh bagian atas berbintik-bintik coklat dengan tanda hitam dan putih. Burung muda berwarna lebih pucat dengan tanda khas yang kurang jelas. Iris coklat; paruh abu-abu; kaki coklat. 
Tempat hidup dan Kebiasaan:
Sangat mudah dijumpai di daerah peisir, perkotaan dan pedesaan, terutama disekitar tempat penggilingan padi, sampai ketinggian 1500 mdpl. Hidup berkelompok di sekitar rumah, gudang, dan tempat-tempat lain disekitar daerah permukiman manusia. Mencari makan di tanah dan lahan pertanian, mematuki biji-biji kecil dan beras serta burung ini juga terlihat memakan serangga. Sebaran:
Erasia, India, Cina, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, Filipina, Australia, Pasifik.Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, Papua. Sumber: Mackinnon, J., K. Phillips dan B. V. Balen. 1998. Panduan lapangan Burung-burung di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali. LIPI. Bogor.

Comments