Record shot Cikalang Christmas di Pesisir Bengkulu

Cikalang Christmas
Christmas Frigatebird
(Fregata andrewsi)

Hari itu Selasa tanggal 5 Oktober 2013 saya sedang berbincang-bincang dengan Bang Rendra Regen di Resort TWA Pantai Panjang dan Pulau Baai, ketika sedang asik berbincang ada seekor burung yang sedang terbang dari arah utara menuju arah selatan pesisir kota Bengkulu, sontak saya langsung mengeluarkan kameraku dari dalam tas dan langsung mebidik kearah burung ini, awalnya saya mengira jenis ini adalah dari jenis elang, maklum ketika itu belum terlalu paham tentang dunia burung karena memang waktu itu lebih mendalami tentang mamalia. Setelah balik dari Resort TWA Pantai Panjang saya langsung memindahkan foto burung tadi kelaptop, karena fotonya terlalu jauh terpaksa saya crop ketat dan untungnya hasil foto tersebut masih dapat diidentifikasi, namun tetap saja waktu itu masih ragu-ragu dalam mengidentifikasi burung dan sempat bertanya-tanya apaka ini jenis Cikalang christmas atau Cikalang kecil , untuk memastikannya salah satu foto tersebut saya unggah ke https://www.facebook.com/Rahman-Photography-Riki-Rahmansyah-195315530628288/ lalu foto saya tersebut dikomentari oleh Uda Tedi Wahyudi dia memastikan bahwa jenis tersebut adalaha Cikalang Christmas (Fregata andrewsi) juvenil. 
Setelah mengetahui jenis burung tersebut saya browsing-browsing dengan kata kunci Cikalang Christmas di Bengkulu dan saya tidak mendapatkan satu tulisanpun yang menjelaskan tentang catatan  burung ini di Pesisir Bengkulu, dalam hati berkata "Wah ini berarti catatan pertama untuk wilayah Bengkulu" namun setelah itu saya tidak pernah lagi melihat burung ini singgah di pesisir Bengkulu.


Deskripsi
Berukuran besar (95 cm), berwarna gelap. Jantan : hitam-hijau berkilap dengan kantung paruh merah da perut putih. Betina : dada dan perut putih, ‘taji’ putih meluas sampai sayap bawah, kerah putih, lingkar mata merah jambu. Remaja : lebih coklat, kepala coklat karat pucat, adagaris lebar gelap melintang pada dada. Iris coklat gelap, paruh hitam (jantan) atau kemerahjabuan (betina dan remaja), kaki abu-abu keunguan dengan telapak kaki kemerah-hijauan.

Penyebaran dan ras
Berbiak di P. Chritsmas, Samudera Hindia. Tercatat di utara sampai ke Malaysia, Thailand, dan Australia Utara. Secara teratur tercatat di pesisir Sumatera dan Kalimantan. Tidak jarang ditemukan di L. Jawa dan lebih umum terlihat di pesisir selatan Jawa, Khususnya Jawa bagian Barat daya.

Status
Daftar merah IUCN             : Kritis / Critically Endangered (CR)

Sumber :
http://www.iucnredlist.org/details/22697742/0
http://www.kutilang.or.id/2011/08/01/cikalang-christmas/

Comments