Uvaria grandiflora

Uvaria grandiflora (Lesch. ex DC.) Roxb. 
Family Name : Annonaceae 
Synonyms : Uvaria rubra, Uvaria rhodantha, Uvaria platypetala, Uvaria purpurea 
Common Names : Red Hot Poker, Pisang Akar, Akar Larak
Kelompok bunga Uvaria grandiflora
Akar Larak (Uvaria grandiflora) merupakan tanaman semak menjalar (Liana) dan merambat pada pohon sanggahan, tinggi maksimal tanaman ini adalah 10 m. Berdaun lebar, daun tunggal dengan ukuran 11-23 x 6-9,5 cm, tipe daun Elliptic-Oblong. Batang dan daun muda berbulu.
Bunga Uvaria grandiflora
 Bunga soliter dan biseksual berlawanan dengan daun dan berukuran sekitar 9 sampai 11 cm. Kelopak bunga terdiri dari 3 kelopak kekuningan, panjangnya 2 sampai 2,5 cm dengan bentuk segitiga. Mahkota bunga terdiri dari 6-7 kelopak lonjong berwarna merah gelap dan bentuk mahkota bunga Obovate, dengan panjang 3,5 sampai 4 cm. Aroma bunga sedikit harum.
Buah Uvaria grandiflora
Buah muda berwarna hijau keabu-abuan dan berbulu ketika matang buah berwarna kuning oranye, buah berdaging dengan panjan sekitar 4-5,5 cm. warna biji coklat pucat
Daun Uvaria grandiflora
Distribusi :
Tanaman ini tersebar mulai dari Cina selatan, India, Sri Lanka, Myanmar, Thailand, Malaysia, Vietnam, Indonesia, Filipina, Laos, Kamboja.
Habitat :
Tanaman ini dapat tumbuh pada hutan primer maupun hutan sekunder. tempat tumbuh mulai dari ketinggian 15 - 1000 mdpl. di Cina Selatan ditemukan pada ketinggian 400-1000 mdpl. Di Bengkulu sendiri saya baru melihat tanaman ini di Hutan Kampus Universitas Bengkulu.
Tanaman Obat :
Tanaman ini dimanfaatkan sebagai tanaman obat-obatan, dimana daun dan akar dimasak dan dimakan untuk mengobati sakit perut dan penyakit kulit.
 
Gambar Ilustrasi Uvaria grandiflora

Lokasi habitat Uvaria grandiflora di Kampus Universitas Bengkulu

Sumber : 
http://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Uvaria+grandiflora
https://florafaunaweb.nparks.gov.sg/special-pages/plant-detail.aspx?id=1527
http://annonaceae.myspecies.info/taxonomy/term/2228/descriptions

Comments