Rafflesia gadutensis Meijer

Rafflesia gadutensis Meijer

Bunga Rafflesia gadutensis

Nama jenis Rafflesia ini merupakan nama tempat atau tipe lokalitas dimana herbarium spesimen dikumpulkan yiatu Ulu Gadut, Padang, Sumatra Barat. Jenis ini didiskripsikan oleh W. Meijer pada tahun 1984. Rafflesia gadutensis merupakan salah satu jenis yang sebaran geografisnya terbatas. Jenis ini ditemukan di Padang dan sekitarnya, dan pernah dijumpai di Ulu Gadut, Tahura Moh. Hatta, Kayu Taman, Bukit Tinggi, Solok, dan Batu Berjulang (Meijer,1997; Nais,2001).

Rafflesia gatutensis merupakan jenis dengan ukuran menengah dengan garis tengah diameternya berkisar antara 40-46 cm. Helai perigonnya dan permukaan atas diaphragma mempunyai warna merah maron muda. Bercak di bagian atas helai perigon dan diaphragma mempunyai ukuran yang seragam dan berwarna merah muda. Jumlah bercak di helai perigon paling panjang berkisar antara 10-12 buah. Di perigon, bercak mempunyai ukuran lebih besar dari pada bercak pada R. arnoldii, dan kadangkadang berdempetan di bagian bawah dekat diaphragma. Jenis ini termasuk dalam kelompok R. hasseltii komplek. Ramenta jenis ini ada dua jenis yaitu; ramenta dengan ujung atasnya membengkak (crateriform) dan tipe jamur (toadstool). Tipe crateriform hanya dijumpai disepanjang bagian dalam permukaan tabung perigon. Sedangkan tipe jamur dijumpai di bagian bawah permukaan dalam diaphragma. Jumlah prosesi sebanyak 17-30, sedangkan jumlah anther bunga jantan sebanyak 30 (Meijer, 1997).

Bagian-bagian bunga Rafflesia gadutensis
1. Bercak Helaian Perigon
 
Bercak Rafflesia gadutensis
 2. Diaphragma 

Jendela Rafflesia gadutensis

3. Prosesi 

Prosesi Rafflesia gadutensis

4. Ramenta
Ramenta bagian bawah


Ramenta bagian atas

Ramenta bagian atas dan Jendela Rafflesia gadutensis

Sebaran Rafflesia gadutensis
Ulu Gadut, Padang, Provinsi Sumatera Barat ; Mukomuko dan Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu

Sumber 
Susatya, A. 2011. Rafflessia Pesona Bunga Terbesar Di Dunia. Bengkulu: DirektoratKawasan Konservasi dan Bina Hutan Lindung.

Comments

Post a Comment