Rafflesia kemumu

Rafflesia Kemumu
Rafflesia kemumu
Rafflesiaceae


Rafflesia kemumu merupakan salah satu jenis rafflesia baru ditemukan di Provinsi Bengkulu tepatnya di Kabupaten Bengkulu Utara, Rafflesia kemumu ini dideskripsikan oleh bapak Dr. Ir. Agus Susatya, M.Sc bersama Siti Nur Hidayati dan Septian Riki. Rafflesia kemumu ini pertama kali di publis pada tahun 2017 setelah selesai dideskripsikan dan jurnalnya diterbitkan di Phytotaxa. 

Menurut (Susatya a, at all 2017). Spesies ini mirip dengan R. gadutensis dalam ukuran bunga saat mekar, tetapi berbeda warna dan tidak ada bintik di diaphragma bagian atas, susunan bintik pada dua lingkaran di windows dekat bukaan diaphragma, tipe dan penyebaran ramentanya, dan jumlah anther. Jenis ini mempunyai lobus perigon berwarna oranye sampai oranye gelap, bintil kecil mengelilingi bintil besar, dan 23 prosesi yang berbentuk kerucut dengan ujung yang membulat, tersusun dalam dua lingkaran masing-masing 15 dan 7, serta satu prosesi di tengah cakram. Rafflesia kemumu mempunyai dua tipe ramenta toadstool sederhana dan majemuk di bagian atas tabung perigone, dan ramenta seperti brokoli yang tersebar dari bagian bawah dinding perigon sampai hampir ke bagian ujung atasnya.

Berikut bagian-bagian Rafflesia kemumu
 Helaian Perigon 

Diaphragma dan Window

Prosesi

Ramenta

Rafflesia kemumu Fase Perigon dan Brakta

Sebaran Rafflesia kemumu

Saat ini sebaran Rafflesia kemumu secara administrasi baru tercatat di dua tempat yakni di Desa Palak Siring dan Desa Tebing Kaning Bengkulu Utara sedangkan jika dilihat dari sisi kawasan hutan Habitat Rafflesia kemumu tersebar di Hutan Boven Lais/ Kelompok Hutan Lindung Bukit Daun. Kedepan diperlukan penelitian distribusi Rafflesia kemumu untuk mengetahui daerah sebarannya.

Sumber 
Foto-foto oleh Riki Rahmansyah
Susatya, A., Siti, N, H., Septian, R.(2017) Rafflesia kemumu (Rafflesiaceae), a new species from Northern Bengkulu,Sumatra, Indonesia. Phytotaxa 326 (3): 211–220 

Comments